Senin, 01 April 2013

"MARAKNYA AKUN ANONIM DI MAKASSAR"


MAKASSAR – Bagi anda yang akrab dengan twitter pasti tak asing lagi dengan istilah akun anonim. Akun anonim ini merujuk pada sebuah akun yang menyembunyikan identitas asli orangnya. Mereka memakai foto dan nama samaran agar identitas tidak diketahui orang. Mengapa orang memakai akun anonim? Alasannya banyak sekali. Alasan utamanya jelas, agar identitas aslinya tidak diketahui. Dengan tertutupnya identitas, banyak keuntungannya, misalnya: berbicara menjadi lebih bebas. Atau tidak perlu takut mengkritik keras, membongkar info rahasia, dan sebagainya, yang jika dilakukan dengan identitas asli mungkin akan berurusan dengan hukum.

Dengan akun anonim seseorang mungkin jadi bisa mendebat bahkan memaki guru, atasan, atau teman dekatnya, yang tidak mungkin dilakukan dengan identitas asli. Maraknya akun anonim di twitter ini di nilai positif oleh banyak kalangan. Sebab akun-akun anonim ini melahirkan whistle blower yang membantu mengungkap info-info rahasia yang penting diketahui. Ini penting untuk transparansi. Info jadi beragam, banyak orang jadi gak sungkan atau takut mengumbar info sensitif dan rahasia.

Saat ini perkembangan teknologi informasi khususnya di bidang social media twitter terus menunjukkan perkembangannya. Para penggunanya pun di manjakan dengan kehadiran akun-akun anonim yang marak muncul di timeline twitter. Survei yang dilakukan oleh Official Media @apakabarDaeng mengatakan “Kemunculan beberapa akun anonim didasari karena adanya keinginan pengguna untuk menyampaikan suatu ekspresi/ungkapan yang ia peroleh.” Ujar Official Media @apakabarDaeng.

Pada tahun 2012 saja jumlah akun anonim khususnya di Makassar sudah mencapai 55 akun setiap 3 bulannya. Sebut saja akun-akun besar seperti @SupirPete2, @panaicera_, @tribungtimur, @bolang_mks, dan @MakassarStory mereka adalah akun yang memiliki jumlah followers terbanyak. Semua akun tersebut Masing-masing memiliki perbedaan dalam menyampaikan kicauannya. Selaku pengguna social media khususnya di twitter kita harus juga berhati-hati dengan keberadaan akun yang mungkin bisa menyesatkan, bukannya terhibur malah jadi sesat.

Para pemilik akun anonim harus juga memiliki peran yang mampu menarik minat pengguna agar bisa merasakan kicauan-kicauan menarik, bukan menjatuhkan satu sma lain ataupun menyesatkan. “Kita banggalah menjadi orang Makassar, Pemuda-Pemudinya kreatif dan Inovatif”. Ada juga kalangan yang menilai kehadiran akun anonim bisa berdampak negatif, tentu saja benar. Sebab ada beberapa akun yang menyampaikan unsur kebohongan dan bukan berdasarkan fakta. Sebut saja yang dulunya akun @MakassarMisteri, akun tersebut mengungkap kicauan-kicauan yang negatif dan tidak berdasarkan kenyataan hanya unsur menyesatkan saja. Nilai positif dari akun anonim adalah kita bisa mengetahui banyak hal yang awalnya minin informasi dan akhirnya menjadi lebih tahu. Maka dari itu mari kita bertwitter ria dengan cara yang sehat dan bisa menciptakan suasana yang berbeda dengan menggunakan media 140 karakter (twitter).


Penulis                  : M. Ibnu Ramadhan
Referensi              : Admin @pronity_
Lainnya                 : Official Media @apakabarDaeng

Kritik & Saran :
Email   : apakabardaeng@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar